logo

ugm-logo

OUTLOOK DIVISI MANAJEMEN BENCANA TAHUN 2014

Situasi bencana yang sering terjadi di Indonesia membuat RS tetap menjadi yang utama sebagai tempat yang didatangi oleh korban bencana. Hal ini mendorong kesiapan RS untuk tetap dan perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana. Pada tahun 2014, Divisi Manajemen Bencana masih mengembangkan pendampingan In House Training Hospital Disaster Plan (HDP) di beberapa Rumah Sakit di Indonesia. Kegiatan Perencanaan In House Training dan Pendampingan Hospital Disaster Plan antara lain:

  • In HouseTraining di RSUD BanjarBaru, Kalimantan Selatan
  • In House Training di RSUD Baddarudin Tanjung, Kalimantan Selatan
  • In House Training Penyusunan HDP RSUD Malinau, Kalimantan Timur
  • Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan HDP RSI Klaten

Berdasarkan seminar dan simulasi bencana yang dilakukan di Kabupaten Gunungkidul maka dibutuhkan adanya koordinasi dan komunikasi yang terpadu antar sektor. Regional Disaster Plan (RDP) atau Rencana Penanggulangan Bencana Daerah (RPBD) yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta sektor lainnya perlu dikuatkan kembali. Dengan sistem kewaspadaan terpadu maka diharapkan tiap daerah sudah siap dalam menghadapi bencana. Kegiatan Perencanaan Regional Disaster Plan antara lain:

  • Disaster emergency Resilience for the most vulnerable
  • Pelatihan Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan (Basic First Aid) di Masyarakat bagi Security dan Driver di lingkungan Fakultas Kedokteran UGM
  • Pengembangan modul disaster preparedness atau kesiapsiagaan bagi masyarakat.
  • Pelatihan Regional Disaster Plan BPBD DIY
  • Pendampingan Regional Disaster Plan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul
  • Pelatihan Community Mental Health Nursing (CMHN )

Divisi Manajemen Bencana memiliki website yang berfungsi sebagai media publikasi kegiatan divisi manajemen bencana, maka ditahun 2014 outlook kegiatan website akan menyesuaikan dengan kegiatan divisi manajemen bencana kesehatan dan kegiatan PKMK secara umum yang berkaitan dengan manajemen bencana kesehatan. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh website bencana antara lain:

  • Banyaknya agenda pertemuan dan seminar bencana baik dalam dan luar negeri akan menjadi masukan bagi rencana dan penyusunan agenda mendatang di website bencana kesehatan diantaranya:
    1. Call for Abstract : International Science Policy workshop 2014 : Ecosystem based disaster risk reduction and climate change adaptation guiding development policies in the 21st century by United nations University Institute for Enviromenment and Human Security www.ehs.unu.edu
    2. Disaster resilience: safeguarding and securing society, including adaptating to climate change by European Commission www.ec.europa.eu

  • Mengingat pada kegiatan ASM tahun 2013, divisi Manajemen Bencana dan Pokja Bencana FK UGM telah melakukan fundraising kepada alumnus FK UGM maka ditahun 2014, video dokumentasi kegiatan penanggulangan bencana kesehatan di Indonesia yang pernah dilakukan oleh FK UGM dan divisi manajemen bencana akan disusun dan ditambahkan ke website bencana kesehatan. Dengan adanya video ini di website bencana kesehatan, harapannya penggalangan dana untuk korban bencana dapat dilaksanakan sepanjang tahun dan terpublikasi dengan baik pada semua pembaca website bencana kesehatan.
  • Mengingat salah satu kegiatan divisi Manajemen Bencana adalah melakukan pelatihan penyusunan rencana penanggulangan bencana di rumah sakit, maka tidak jarang rumah sakit juga membutuhkan peralatan yang berhubungan dengan penanganan bencana misalnya keamanan, penunjuk arah, alarm peringatan, dan sistem informasi. Berdasarkan hal ini, website bencana kesehatan berencana akan menyediakan ruang iklan untuk perusahaan terkait sistem informasi dan alat-alat safety seperti ini.