logo

ugm-logo

Simulasi Bencana untuk Menguji Hospital Disaster Plan

simulasi-bencana

Review singkat dari media elektronik minggu ini bisa kita lihat bahwa bencana hidrometeorologi masih mengancam wilayah Indonesia. Keadaan ini makin diperparah dengan kondisi lingkungan yang buruk, seperti banyaknya drainase yang tersumbat hingga pohon-pohon tua yang tidak diperhatikan. Kondisi seperti ini semakin meningkatkan ancaman masyarakat terhadap bencana banjir dan dampak dari angin puting beliung. Dimanapun pembaca website berada kami menghimbau agar terus waspada dan siaga terhadap bencana.

Pembaca website bencana kesehatan, 28 Januari yang lalu kami membantu RSUD Wonosari Kabupaten Gunungkidul untuk melakukan simulasi bencana internal dengan kasus kebakaran di Laboratoirum. Simulasi ini bertujuan untuk menguji dokumen rencana penanggulangan bencana yang rumah sakit miliki atau Hospital Disaster Plan. Simulasi yang melibatkan pihak kepolisian, pemadam kabakaran, PMI, dan BPBD Gunungkidul ini ternyata juga diliput oleh wartawan harian lokal. Kami sangat berharap kesadaran rumah sakit untuk HDP dan simulasi semakin meningkat, tidak saja untuk akreditasi tetapi sungguh-sungguh untuk pedoman dan praktek jika bencana benar-benar terjadi di rumah sakit.

Pembaca, jangan lupa untuk terus menyimak dan mengikuti World Cenference on Disaster and Emergency Management (WCDEM) yang akan dilaksanakan 21-24 April mendatang. Bagi pembaca yang belum sempat melakukan submit abstrak masih dapat mendaftar sebagai peserta atau mengikuti kegiatan pra dan post conference. Kursus yang mereka tawarkan bagus sekali untuk peningkatan keterampilan kita dalam manajemen bencana sektor kesehatan. silakan buka website WCDEM 2015 berikut