logo

ugm-logo

Reportase PPGD Awam

Puskesmas Desa Talaga, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat.


C:\Users\Madelinaani\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\P_20151216_113954.jpgC:\Users\Madelinaani\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\P_20151216_140225.jpg

Dok. PKMK: Proses Praktek Triase Korban

Di sesi ini peserta diajak untuk dapat melakukan tindakan seperti yang sudah diberikan pada sesi pagi, mengenai triase, stabilisasi, dan pembidaian. Masyarakat diminta membawa peralatan yang ada di desa untuk pelatihan ini, seperti sarung, bambu, kain kerudung, dan karung beras. Peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan di puskesmas dan masyarakat ini lah yang diharapkan nantinya dapat menjadi kader untuk mengajarkan kembali kepada warga mengenai pertolongan pertama kegawatdaruratan di masyarakat.

Telah ditentukan tujuh kasus yang akan diberikan kepada korban. Kemudian, kelompok lainnya bertugas menjadi petugas triase. Korban di sebar lalu kemudian petugas kesehatan dan masyarakat menolong korban sesuai dengan kegawatdaruratannya. Meski ini hanya simulasi, tetapi peserta serius dalam melakukan triase kepada korban. Meski didapatkan kekeliruan dalam menentukan tingkat kegawatdaruratan dana prioritas pasien, namun pada akhirnya peserta memahaminya melalui penjelasan instruktur.

C:\Users\Madelinaani\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\P_20151216_142405.jpgC:\Users\Madelinaani\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\P_20151216_142518.jpgC:\Users\Madelinaani\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\P_20151216_142536.jpg

Dok. PKMK: Praktek Pembidaian

Selanjutnya, peserta diajak untuk mempraktekkan teknik pembidaian, teknik mengangkat korban, dan stabilisasi. Pada dasarnya seluruh peserta mampu untuk melakukan tindakan penyelamatan korban. Yang dirasakan sulit bagi peserta mengenai mengangkat korban, faktor kebiasaan yang masih salah dalam mengambil atau mengangkat beban menjadi penyebabnya. Masih banyak peserta yang mengangkat menggunakan otot pinggung ketimbang otot kaki atau betis yang benar.

C:\Users\Madelinaani\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\P_20151216_153306.jpg

Dok. PKMK: Penutupan

Kegiatan kali ini diakhiri dengan pengarahan dan refleksi dari Kepala Puskesmas Desa Talaga, Beliau memberikan catatan bagi masukan dari narasumber dan pengalam hari ini kaitannya dengan persiapan bencana dan wacana berkembangnya puskesmas menjadi puskesmas perawatan pada tahun 2016. Baik sarana prasarana, perlatan, dan kapasitas SDM harus ditingkatkan untuk hal ini. Penutupan diakhir dengan foto bersama.


Reportase oleh Madelina Ariani