logo

ugm-logo

Reportase
Pelatihan 
Pendalaman Rencana Kesiapsiagaan Bencana

PENINGKATAN KAPASITAS DAERAH DALAM PENYUSUNAN RENCANA PENANGGULANGAN BENCANA DAN KRISIS KESEHATAN DI DAERAH

(DINKES DISASTER PLAN)

Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar dan Kabupaten Maros
Dalam dan Luar Jaringan (Hybrid)

materi bella dona2

Dok. PKMK FK-KMK UGM “Pemaparan Materi Komponen Dinkes Disaster Plan”

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari secara online. Kegiatan pelatihan online ditujukan untuk penguatan konsep DDP yang meliputi pengorganisasian, komponen dan analisis risiko. Pada pertemuan pertama 22 Maret 2022 peserta yang mengikuti kegiatan melalui zoom sekitar 26 orang. Kegiatan dimoderatori oleh Happy R Pangaribuan, MPH. Koordinator program Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS membuka kegiatan dan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan hingga 2023. Harapannya dinas kesehatan tetap berkomitmen mengikuti kegiatan dan aktif memberikan masukan, sehingga output dokumen dinkes disaster plan bisa tercapai dan sampai pada tahap Table Top Excercises. Selanjutnya dr. Bella Donna, M.Kes memaparkan Komponen Dinkes Disaster Plan. Komponen ini sudah disesuaikan dengan rencana penanggulangan bencana dan krisis kesehatan yang dikembangkan oleh Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes. Dokumen mencakup hal - hal yang dibutuhkan dinas kesehatan untuk kesiapsiagaan krisis kesehatan akibat bencana alam maupun bencana non alam. Komponen - komponen tersebut diantaranya identifikasi kapasitas kesehatan, analisis risiko, rencana kontingensi dan operasional HEOC. Dokumen ini disusun sesuai dengan karakteristik dinas kesehatan dan ada tim khusus untuk menyelesaikan dokumen. Pada sesi diskusi peserta menanyakan data apa saja yang diperlukan dalam menganalisi risiko dan apa perbedaan rencana kontingensi dengan dokumen dinkes disaster plan.

materi madelina

Dok. PKMK FK - KMK UGM “Pemapran Materi Pengorganisasian (kiri) dan Analisis Risiko (kanan)

Pertemuan kedua 24 Maret 2022, Gde Yulian, Apt, M.Epid memaparkan bagaimana sistem pengorganisasian dalam dokumen dinkes disaster plan. Pengorganisasian yang disusun tetap mengacu pada pendekatan Incident Command System (ICS)Pengorganisasi dengan pendekatan ICS akan memudahkan tim bencana untuk aktivasi Health Emergency Operation Center (HEOC), yang sebelumnya dikenal dengan klaster kesehatan. Pertemuan ketiga, 25 Maret 2022, Madelina Ariani, MPH memaparkan analisis risiko bencana. Melalui analisis ini akan didapatkan satu jenis bencana yang menjadi prioritas penanganan dalam dokumen dinkes disaster plan. Kemudian dilanjutkan dengan pengembangan skenario yang mendetailkan rencana aksi untuk penanganan bencana prioritas tadi. Madelina juga menyampaikan sekilas terkait SOP apa saja yang diperlukan dalam penanganan bencana. Pada sesi diskusi Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa sudah pernah melakukan kajian analisis risiko bencana. Hasil kajian ini nanti akan di - review kembali pada pertemuan selanjutnya yang akan dilaksanakan secara luring di Sulawesi Selatan.

Secara keseluruhan pelatihan online ini berjalan dengan baik, peserta juga konsisten untuk mengikuti via zoom. Peserta yang mengikuti pelatihan online ini menjadi peserta pelatihan luring. Pelatihan luring untuk Dinkes Kabupaten Maros akan dilaksanakan pada 27 - 28 Maret 2022, Dinkes Kota Makassar digabung dengan Dinkes Provinsi Sulsel pada 29 - 30 Maret 2022. Pelatihan luring nanti akan banyak ke penugasan langsung menyusun komponen dinkes disaster plan dan diskusi lebih lanjut.

Reporter : Happy R Pangaribuan (Divisi Manajemen Bencana Kesehatan)

Div. Manajemen Bencana Kesehatan PKMK FK-KMK UGM