logo

ugm-logo

Reportase Hari 4-CC MAP (18 April 2013)

Pengantar

1Agenda Wokrshop CC MAP hari keempat ini adalah diskusi ICLD dan kunjungan ke RS Sardjito. Kunjungan ini untuk mendapatkan pengalaman RS Sardjito dalam penanggulangan bencana dan sistem informasi kesehatan yang digunakan ada sister hospital.

Kunjungan ke Rumah Sakit Sardjito

Kedatangan tim workshop CC MAP ke IGD RS Sardjito disambut oleh dr. Handoyo dan staff IGD. Di depan ruang pertemuan IGD, telah terpajang banner dokumentasi kegiatan penanggulangan bencana di Indonesia, dimana FK UGM terlibat di dalamnya.

Kemudian dr. Handoyo dan dr. Bella Donna menjelaskan beberapa pengalaman penanggulangan bencana. Menariknya, Umea University tertarik dengan keterlibatan FK UGM dalam penanggulangan bencana tsunami di Aceh tahun 2004. Penanggulangan bencana tsunami Aceh dilakuan selama empat tahun dan melibatkan lebih dari 500 tenaga kesehatan dan non kesehatan yang diberangkatkan ke Aceh.

IGD juga memberikan presentasi mengenai pengalaman Sardjito dalam kebencanaan. Terutama kebencanaan yang terjadi di Yogyakarta seperti Letusan Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Usai tanya jawab, tim kemudian melanjutkan kunjungan ke ruang perawatan pasien IGD. Terakhir, tim mengunjungi ruang sister hospital rumah sakit Sardjito.

2

3

4

5

7

8

Makan Siang Sambil Menyelami Budaya Jogjakarta

Sekitar jam satu siang, kunjungan keRS Sardjito selesai. Mobil tim langsung meluncur ke rumah makan Bale Raos. Bale Raos merupakan rumah makan milik Keraton Yogyakarta yang menu makanannya pun khas tradisional Yogyakarta.

Setibanya, tim Umea University langsung disambut halaman yang luas dengan tembok tinggi yang mengelilinginya. Dinding dan ornamen bangunan bernuansa hijau diselingi dengan tanaman dan pohon yang besar. Indera pendengaran juga dimanjakan dengan alunan gamelan dan sesekali suara sinden yang merdu mengisi kekosongannya.

9

Reportase lainnya:


hari-1 hari-2 hari-3 hari-4 hari-5